Selasa, 13 November 2007

RESENSI BUKU

RESENSI BUKU

EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Oleh : Rahmat Guswandi

Sinopsis RR.PK.088-01-2006

Kode Buku : RR.PK.088-01-2006

Judul : Evaluasi Program Pendidikan

Pengarang : Prof. Djuju Sudjana, M.Ed.,Ph.D.

Tahun : Mei 2006

ISBN : 797-692-634-2

Buku evaluasi program pendidikan luar sekolah disusun berdasarkan garis-garis besar program pembelajaran (GBPP) mata kuliah evaluasi program dilingkungan program pascasarjana unifersitas pendidikan Indonesia (PPSUPI). Disamping diangkat dari teori-teori dan pengalaman empiric evaluasi program pendidikan luar sekolah, konsep dan prinsip-prinsip evaluasi ini dapat diterapkan dalam mengevaluasi program-program yang sistematik dan manajemen program lainnya seperti program-program pendidikan formal, perusahaan, pengembangan masayarakat, dan lain sebagainya.

Evaluasi program, baik sebagai fungsi manajemen program maupun sebagai kegiatan professional mandiri, makin dianggap penting kehadiran dan dalam perkembangannya di dunia modern. Di antara alasannya, dalam makna yang wajar dan luas, adalah bahan kemajuan organisasi dan kegiatannya, efesiensi dan efektifitas program, keberhasilan perusahaan, pembangunan dalam berbagai bidang kehidupan banyak dipengaruhi oleh fungsi dan hasil evaluasi program. Keputusan bermakna dan terprogram yang di ambil oleh penyelenggara dan pengelola, instansi dan lembaga pendukung, politisi dan professional tentang program dan dana kegiatan lainnya, perlu mempertimbangkan masukan hasil evaluasi. Intinya, setiap upaya untuk memajukan diri, kelompok, lembaga, dan komunitas maka evaluasi harus dan dapat menjadi sikap dan perilaku.

Manajemen pendidikan luar sekolah adalah kegiatan bersama dan melalui orang lain, baik orang lain perorangan maupun kelompok, untuk mencapai tujuan lembaga dan institusi penyelenggara program pendidikan luar sekolah.

Manajemen pendidikan luar sekolah terdiri atas funsi-fungsi yang berurutan dan berdaur yaitu perencanaan pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penyeliaan, penilaian dan pengembangan.

Program pendidikan luar sekolah disusun secara terencana sesuai dengan satuan, jenis dan lingkup pendidikan luar sekolah. Program pendidikan ini disusun secara sistematik mencakup uinsur-unsur komponen, proses dan tujuan program. Komponen meliputi masukan lingkungan, masukan sasaran, masukan mentah dan masukan lain. Proses adalah interaksi antara masukan sarana dan masukan mentah. Tujuan mencakup tujuan dan antara keluaran dan tujuan akhir pengaruh.

Evaluasi program dilakukan terhadap komponen, proses dan tujuan program, serta terhadap fungsi-funsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pembinaan, penilaian dan pengembangan dalam manajemen program pendidikan luar sekolah

Tidak ada komentar: